Selasa, 10 April 2012

BAHAYA KEGEMUKAN



K
egemukan, tambun, atau dalam istilah kesehatan “obesitas” merupakan kelebihan berat badan yang melebihi idealnya. Selain mengganggu mobilitas gerak dan pekerjaan juga mengurangi keindahan tubuh, terutama bagi kaum wanita.
Sekarang dengan semakin meningkatnya kesadaran terhadap arti kesehatan dan penampilan yang menarik, maka jutaan orang di dunia menempuh segala cara untuk dapat tampil lebih langsing dan sehat. Ada yang melakukan diet rendah kalori, ada yang dengan minum ramuan anti gemuk, ada pula yang menggunakan terapi elektrik, senam, sedot lemak dan sebagainya. Mereka rela keluar uang ratusan ribu bahkan jutaan rupiah, asal apa yang mereka dambakan bisa menjadi kenyataan.
Memang kegemukan ini sudah menjadi problem umum dikalangan masyarakat maju. Dalam survey baru-baru ini, didapati 13 % dari 2000 orang dewasa sedang berusaha mengurangi berat badannya, dan 25 % telah berusaha melakukannya di tahun sebelumnya. Jelas hal ini menunjukan bahwa tubuh yang ideal dan sehat sangat menjadi dambaan bagi semua orang.
Cara untuk mencegah kegemukan atau agar berat badan tetap ideal adalah dengan jalan mengubah kebiasaan yang salah dalam hal pengaturan pola makan, istirahat yang cukup dan melakukan senam khusus secara teratur untuk membakar lemak dan menjaga kebugaran tubuh. Cara ini harus dilakukan secara seimbang dan terus menerus. Karena ini merupakan cara yang paling teruji untuk mendapatkan tubuh yang menarik, sehat dan bugar dengan gerak yang tetap fleksibel.


PENTING
        Banyak orang berpendapat keliru dalam hal penampilan diri, mereka mengatakan asal tubuh sehat alias tidak sakit sudah cukup untuk berpenampilan prima. Padahal sebenarnya tidaklah demikian. Tubuh sehat (tidak sakit) belum tentu menanjikan berpenampilan prima.
Untuk tampil prima tidak hanya tubuh harus sehat, tetapi bentuk tubuh juga harus serasi dengan tinggi badan, serta selalu bugar. Sehingga, tubuh dan muka akan selalu tampak segar dan cerah. Dimana ini merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan gairah kerja, terutama bagi mereka yang pekerjaannya berat dan hubungan dengan banyak orang.
Mengawali hidup sehat dan bugar memang tidak mudah. Lebih-lebih bagi mereka yang sudah berpandangan badan sehat sudah cukup. Karena kesehatan dan kebugaran itu menuntut usaha yang tekun dan tidak kenal bosan dalam hal pengaturan pola makan, istirahat dan olahraga. Akan tetapi, kalau anda yakin bahwa hidup sehat itu perlu kebugaran, maka kendala-kendala tersebut akan menjadi mudah.  Karena anda sudah mengerti betapa penting keseimbangan antara mengkonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan olahraga yang benar.
Ketiga faktor inilah yang akan membentuk penampilan yang lebih segar dan bugar sepanjang hari. Terutama yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah masalah berat badan ideal, dimana dengan berat badan ideal itu badan akan tampak serasi dan harmonis dalam penampilan, serta akan lebih mudah dalam anda mengerjakan pekerjaan anda dan terhindar dari penyakit. (Adi/07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar