Kamis, 21 Maret 2013

Usaha-usaha Kesehatan di Sekolah


USAHA-USAHA KESEHATAN DI SEKOLAH

1.        USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS)
1.1 PENGERTIAN UKS
UKS adalah suatu unit usaha di sekolah untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan kesehatan peserta didik sedini mungkin. sehingga harapannya anak bisa berkembang secara harmonis.
1.2 TUJUAN UKS
            UMUM. Tujuan umum UKS untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik dan menciptakan lingkungan yang sehat, untuk pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia indonesia seutuhnya.
            KHUSUS. UKS memiliki tujuan khusus untuk memupuk kebiasaan hidup sehat dan mempertingi derajat keehatan peserta didik yang mencukupi. Diantaranya : a) Memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan hidup sehat, partisipasi aktif di UKS, agama, rumahtangga dan di lingkungan masyarakat; b) Sehat fisik, metal dan sosial; c) Punya daya tangkal terhadap pengaruh buruk penyalahgunaan narkoba, minuman keras dan pelecehan seksual.
1.3 RUANG LINGKUP
1.      Penyelenggaraan pendidikan kesehatan meliputi :
a.  Dasar-dasar hidup sehat
b.  Tanggap persoalan kesehatan
c.   Latihan dan demonstrasi kebiasaan hidup sehat
2.      Penyelenggaraan pelayanan kesehatan
a.  Pelayanan kebersihan
b.  Pemeriksaan kesehatan anak didik
c.   Pengobatan ringan dan P3K
d.  Pengawasan warung sekolah
e.  Pencatatan dan pelaporan keadaan penyakit
3.      Pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat
a.  Kewajiban pemerintah : pemberian perhatian besar kepada anak didik yang nantinya akan berkembang menjadi dewasa agar menjadi calon pemimpin yang sehat, cakap dan bijaksana.
b.  Kewajiban guru : 1) Membimbing dan mengarahkan anak didik untuk mengerti, mengetahui, terampil dan bersifat positif terhadap usaha kesehatan. 2) Ikut serta dalam melaksanakan kebiasaan hidup sehat secara sadar dalam kehidupan sehari-hari sehingga anak didik akan mencontoh dan tujuan UKS akan mudah tercapai yang nantinya akan menyebar ke keluarga dan masyarakat sekitar.
c.   Kewajiban puskesmas : 1) Sebagai nara sumber informasi dan pengetahuan kesehatan dan mitra yang selalu mendampingi kegiatan UKS secara langsung maupun tidak langsung. 2) Sebagai pos terdepan dalam menangani pengobatan dan rujukan ke dokter/rumahsakit.
Pembinaan lingkungan kehidupan sekolah, meliputi : keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan dan kekeluargaan
1.4 ORGANISASI USAHA KESEHATAN SEKOLAH
            Organisasi UKS sangat penting untuk dibentuk, dengan tujuan agar pelaksanaan kegiatan UKS bisa terpadu, terkoordinasi sesuai dengan SK tiga mentri (Mendagri, Menpen, Menkes) membentuk tim pelaksana UKS di tingkat I, tingkat II, tingkat kota tip, kecamatan, tingkat sekolah.
            Organisasi UKS yang sidah dibentuk di sekolah-sekolah (tim pelaksana Usaha kesehatan sekolah) harus memiliki program kegiatan yang disusun secara berkala tiap tahunan atau dua tahunan. Kegiatan yang diprogramkan dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan harian, mingguan atau bulanan. Jenis kegiatan meliputi kegaitan ekstrakurikuler maupun kegiatan penyuluhan kesehatan dan latihan keterampilan dalam rangka pelayanan kesehatan. Kegiatan peserta didik dan guru meliputi, kegiatan karyawisata, karya bhakti bersih, dokter kecil, kader kesehatan sekolah, lomba tentang kesehatan, membuat makalah kesehatan atau cerdas cermat kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar